Abstraksi

Abstraksi adalah suatu cara di mana kita melihat suatu objek dalam bentuk yang lebih sederhana. Sebagai contohnya, Anda tidak melihat mobil sebagai sekumpulan atau ribuan komponen elektronik, mekanik dengan 4 buah ban, besi, jok, stir kemudi, dan lain sebagainya yang dibuat sedemikian rupa sehingga dinamakan mobil. Walaupun kenyataannya demikian, namun Anda melihat mobil sebagai suatu entitas yang mempunyai sifat dan karakteristik tersendiri. Dengan pemikiran seperti ini, kita dapat mengendarai mobil tanpa perlu memikirkan betapa rumitnya komponen yang menyusun sistem mobil itu sendiri. Memang pada kenyataannya, jika hanya ingin mengendarai mobil tersebut, kita tidak perlu mengetahui betapa kompleksnya mobil itu. Kita tidak perlu mengetahui bagaimana cara kerja mesin, mulai dari pencampuran bahan bakar dan oksigen menjadi energi atau sistem transmisi dalam mobil bekerja, serta bagaimana cara rem bekerja sehingga kita dapat menggunakannya untuk menghentikan mobil yang sedang bergerak. Dengan demikian Anda tidak melihat bagian-bagian dalam sebuah mobil sebagai suatu bagian yang berdiri sendiri-sendiri, tetapi melihat dan menggunakannya sebagai suatu satu kesatuan.

Dengan abstraksi, kita juga dapat melihat suatu sistem yang kompleks sebagai kumpulan subsistem yang lebih sederhana. Seperti halnya mobil merupakan suatu sistem yang sebenarnya terdiri atas berbagai subsistem, seperti subsistem pengapian, subsistem kemudi, subsistem pengereman dan lain sebagainya. Dari sini kita melihat bahwa subsistem-subsistem tersebut masing-masing memiliki sifat dan karakteristik yang unik, namun saling berinteraksi dan bekerja sama menjadi satu kesatuan yang dikenal sebagai suatu entitas, yaitu mobil.

Pemahaman terhadap objek-objek di sekitar kita inilah yang akan mendasari pemahaman akan OOP (object oriented programming) atau pemrograman berorientasi objek. Yang paling penting adalah bagaimana mentransformasikan apa yang diketahui tentang suatu objek menjadi suatu program.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s